Kamis, 13 Juli 2017

Usaha Ternak Kelinci Peluang Bisnis Rumahan Menjanjikan

Muda Kaya Raya | Peluang perjuangan rumahan ternak kelinci - Bagi anda yang suka dengan binatang berternak merupakan salah satu perjuangan yang dapat anda pilih , menyerupai ternak kelinci contohnya. Kelinci yang dapat diternak ada dua jenis yakni kelinci hias dan kelinci pedaging. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Jika kelinci hias unggul diharga jual yang relatif mahal sedangkan kelinci pedaging unggul di jumlah undangan pasar yang cukup besar. Sedangkan untuk perawatan menyerupai makan , sangkar dan lain-lain keduanya sama saja.

Kelinci merupakan hewan yang mudah untuk dipelihara , sehingga tak jarang mereka yang tadinya berniat hanya memelihara sebagai hobi mampu berkembang banyak dan menjadi sebuah urusan ekonomi yang menguntungkan. Ya benar ternak kelinci mampu menjadi salah satu peluang perjuangan rumahan yang menjanjikan keuntungan yang besar alasannya ialah memiliki prospek yang bagus.

Peluang perjuangan rumahan ternak kelinci pic

Langkah-Langkah Menjalankan Usaha Ternak Kelinci

Bagi anda yang tertarik dengan perjuangan ini berikut kami akan bahas sedikit seputar langkah-langkah yang harus anda ikuti dalam menjalankan perjuangan ternak kelinci.

1. Persiapan Kandang
Cara pembautan sangkar untuk kelinci dibuat dengan sistem petak , untuk setiap petaknya nanti kita isi dengan 2 ekor kelinci yakni jantan dan betina. Pembuatan sangkar mampu disusun hingga 2 atau 3 tingkat untuk menghemat tempat. Yang harus diperhatikan dalam membuat sangkar ialah kerapatan sangkar , usahakan sangkar dibuat dengan rapat untuk menghindari masuknya binatang lain menyerupai tikus alasannya ialah akan memangsa anak kelinci nantinya. Kandang mampu terbuat dari kayu atau bambu serta menggunakan jaring kawat.

Contoh sangkar kelinci 2 tingkat pic

2. Pemilihan Indukan
Selanjutnya ialah menyiapkan indukan untuk mulai berternak. Jika anda memilih berternak kelinci pedaging maka pilihlah indukan yang sehat dan berbobot besar. Sedangkan bila ingin berternak kelinci hias anda mampu memilih indukan menyerupai jenis Angora , Rex , Himalayan , American Chinchilla , Fuzzy loop dan yang lainnya.

Baca juga : Peluang perjuangan budidaya ikan lele

3. Sistem Pengembangbiakan
Kelinci yang siap untuk diternak minimal harus berumur sekitar 5 bulan. Cara pengawinannya mampu dicampur dalam satu sangkar kemudian dipisahkan bila kelinci betina terlihat hamil , akan tetapi banyak juga yang memakai sistem pengawinan pagi atau sore saja kemudian dipisahkan setelah akibat kekandang masing-masing. Proses kehamilan hingga kelinci beranak membutuhkan waktu sekitar 30 hari. Setiap ekor kelinci mampu menghasilkan 5 hingga 10 ekor kelinci.

4. Pemeliharaan
Proses pemeliharaan meliputi santunan pakan serta menjaga kebersihan kandangnya. Anda mampu menyampaikan banyak sekali macam jenis sayuran menyerupai kol , sawi , kangkung , bungkil , kacang-kacangan atau rerumputan menyerupai jenis junggul. Selain itu berikan juga kelinci anda pelengkap nutrisi biar kesehatan kelinci terjaga. Kebersihan sangkar juga sangat penting untuk diperhatikan , usahakan untuk  menjaga sangkar biar selalu dalam kondisi bersih. Hal ini bertujuan untuk menghindari kelinci yang kita ternak biar tidak mudah terserang penyakit.

Anakan kelinci mampu mulai dipasarkan saat berumur 2 - 3 bulan. Anda mampu memasarkannya ke pet shop , pasar hewan , atau ke konsumen langsung. Namun bila kelinci yang anda ternak jenis kelinci pedaging anda mampu mencoba menawarkannya ke restoran atau warung makan dan banyak sekali jenis perjuangan masakan lain yang menyampaikan olahan kelinci.

Baca juga : Tips sukses perjuangan ternak ayam potong

Nah , demikianlah sedikit ulasan singkat seputar usaha ternak kelinci peluang urusan ekonomi rumahan menjanjikan. Semoga dengan artikel ini mampu membantu anda yang tertarik menimbulkan kelinci sebagai peluang perjuangan sampingan atau urusan ekonomi rumahan anda. Untuk menjalankan perjuangan ini awalnya juga tidak terlalu membutukan modal yang besar sehingga bagi anda yang suka akan ternak maka perjuangan ini mampu anda jadikan pilihan.