Jumat, 21 Juli 2017

Analisa Usaha Memulai Bisnis Jasa Laundry

Muda Kaya Raya | Usaha Jasa Laundry - Jasa laundry merupakan salah satu peluang urusan ekonomi yang cukup menggiurkan , kenapa menggiurkan? Karena sudah terang bahwa urusan ekonomi ini sangat dibutuhkan masyarakat. Banyak orang yang lebih memilih menggunakan jasa laundry dari pada mencuci baju sendiri khususnya mereka yang tinggal dikontrakan atau di kosan. Dan beberapa orang ada yang terpaksa menggunakan jasa laundry karena alasan tidak tersedianya air bersih yang memadai. Jasa laundry dipastikan tak akan pernah sepi pelanggan , oleh alasannya yaitu itu jasa laundry mampu menjadi salah satu alternatif dan pilihan urusan ekonomi yang anda pilih.

Untuk memulai mendirikan jasa laundry modal yang dibutuhkan bervariasi tergantung menyerupai apa perjuangan anda nanti berjalan. Jika ingin memulai dengan membuka perjuangan kecil-kecilan dapat memulai dengan modal yang sangat minim misal 5 hingga 10 juta. Namun dengan modal tersebut belum mampu membeli peralatan secara lengkap hanya beberapa yang paling dibutuhkan. Namun jikalau anda mulai serius dengan perjuangan ini dengan modal 30 hingga 50 juta sudah mampu berjalan dengan baik.

Analisa perjuangan jasa laundry pic

Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Usaha Jasa Laundry

Berikut ini yaitu hal-hal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha jasa laundry :

1. Mesin Cuci dan Mesin Pengering Pakaian
Yang paling utama dalam perjuangan jasa laundry yaitu memiliki mesin basuh pakaian. Mesin basuh dapat dibeli dengan harga sekitar 2-3 jutaan untuk yang biasa dan yang indah berkisar antara 5 jutaan. Untuk awal anda mampu menggunakan 2 mesin basuh terlebih dahulu gres nanti jikalau mulai banyak pelanggan menambah mesin lagi. Selain mesin basuh juga dibutuhkan mesin pengering pakaian , harganya berkisar antara 6 s/d 12 jutaan. Dengan mesin pengering tentu akan mempercepat proses pengeringan sehingga anda mampu melayani banyak order. Namun untuk awalnya mampu mengguanakan tenaga matahari terlebih dahulu untuk meminimalisir modal awal.

2. Mesin Setrika
Mesin setrika terdiri dari 2 macam yakni setrika biasa dan setrika uap. Sangat disarankan mengguankan setrika yang sudah canggih yakni mampu untuk biasa dan mampu dengan uap. Karena nanti jenis pakaian yang kita kerjakan akan bermacam-macam sehingga memiliki setrika yang mampu untuk semua jenis materi sangat disarankan. Harga setrika uap berkisar antara 1 hingga 6 jutaan. Untuk menekan modal awal mampu menggunakan setrika biasa dahulu atau mencari setrika uap dengan harga yang murah namun berkualitas.

3. Air Bersih
Ketersediaan air sangat penting untuk jalannya perjuangan anda , pastikan lokasi daerah kerja anda mudah mendapatkan air bersih. Air dapat diperoleh dari sumur atau jasa PDAM , jikalau menggunakan jasa PDAM maka akan ada biaya bulanan.

4. Tenaga Kerja
Anda membutuhkan seseorang untuk membantu pekerjaan anda , dan itu disebut tenaga kerja. Karyawan-karyawan di jasa laundry umumnya mendapatkan gaji sesuai dengan tingkat kesulitan pekerjaannya , biasanya berkisar antara 1 hingga 2 ,5 juta perbulannya. Tenaga Kerja atau karyawan yaitu salah satu aset berharga yang harus anda jaga , karena baik atau buruknya kinerja karyawan ditentukan bagaimana kemudahan atau kenyamanan yang diberikan pemilik usaha. Berikan mereka bonus atau embel-embel gaji semisal telah mencapai target dan lain sebagainya , hal semacam ini akan memacu motivasi mereka untuk bekerja dengan baik.

5. Tempat Usaha
Tempat perjuangan juga menghipnotis kesuksesan jasa laundry anda , sehingga pastikan untuk mmeilih lokasi yang strategis misalnya erat dengan kontrakan atau kosan , kampus dan lain sebagainya. Anda mampu menyewa ruko untuk anda jadikan daerah perjuangan namun tentu ini akan menambah biaya , akan tetapi jikalau anda telah memiliki daerah sendiri akan sangat meringankan pengeluaran tahunan anda.

6. Lain-lain
Selain modal diatas ada beberapa modal lain yang anda butuhkan , yaitu deterjen , pengharum , hanger dan masih banyak lagi yang lainnya menyesuaikan kebutuhan anda.

Baca juga :  Jasa laundry peluang perjuangan menguntungkan

Mungkin kurang lebih menyerupai itulah gambaran analisa perjuangan memulai urusan ekonomi jasa laundry. Dengan analisa tersebut dibutuhkan anda telah memiliki pandangan dan gambaran tersendiri yang telah anda sesuaikan dengan situasi dan kondisi keuangan anda. Semoga dengan tips diatas dapat memperlancar niat anda dalam menjalankan perjuangan jasa laundry.